Amerika Akan Gunakan Dolar Digital?

Presiden AS Joe Biden pada hari Rabu (10/3/2022) memerintahkan lembaga pemerintah untuk mulai bekerja menciptakan dolar digital, dengan mempertimbangkan risiko dan manfaatnya bagi sistem keuangan global.

Di tengah ledakan mata uang kripto seperti bitcoin, upaya AS akan menempatkan “urgensi tertinggi pada upaya penelitian dan pengembangan potensi dan opsi penyebaran mata uang digital Amerika Serikat,” menurut perintah eksekutif yang ditandatangani oleh Biden.

“CBDC (central bank digital currency) Amerika Serikat mungkin memiliki potensi untuk mendukung transaksi yang efisien dan berbiaya rendah, terutama untuk transfer dan pembayaran dana lintas negara, dan untuk mendorong akses yang lebih besar ke sistem keuangan,” kata perintah itu, seraya menambahkan bahwa hal itu juga dapat mengurangi risiko aset digital pribadi.

Ekonomi terbesar di dunia itu akan bergabung dengan lebih dari 100 negara yang sedang menjajaki atau telah meluncurkan program percontohan dengan mata uang digital bank sentral mereka sendiri, termasuk yuan digital Tiongkok.

Menteri Keuangan Janet Yellen mengatakan lembaga akan “mengevaluasi potensi risiko stabilitas keuangan aset digital dan menilai apakah perlindungan yang tepat sudah ada.”

Terkait implikasi global dari penggunaan aset digital, Washington akan bekerja dengan pemerintah lain dalam upaya “mengatasi risiko yang terkait dengan keuangan gelap, melindungi konsumen dan investor, dan mencegah ancaman terhadap sistem keuangan dan ekonomi yang lebih luas,” kata Yellen.

Pemerintah dan investor di seluruh dunia mengandalkan dolar AS sebagai investasi yang aman, dan dolar juga merupakan pusat perdagangan, termasuk pasar minyak global.

Penasihat ekonomi Gedung Putih Brian Deese mengatakan di CNBC bahwa “mempertahankan kepemimpinan global AS” adalah tujuan utama dari upaya tersebut, tetapi mencatat bahwa penelitian ini juga akan melihat “konsekuensi yang tidak diinginkan.”

Perintah eksekutif Biden akan meminta lembaga-lembaga, termasuk Departemen Keuangan, memeriksa masalah termasuk perlindungan konsumen, inklusi keuangan, dan penggunaan aset digital untuk kegiatan terlarang.

Selain Tiongkok, pemerintah Nigeria pada Oktober 2021 meluncurkan uang virtual. Sementara El Salvador telah mengizinkan penggunaan bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah.

Aset digital, termasuk mata uang kripto, telah mengalami pertumbuhan eksplosif dalam beberapa tahun terakhir. Aset ini melampaui kapitalisasi pasar US$ 3 triliun pada November 2021, naik dari hanya US$ 14 miliar lima tahun sebelumnya.

63 thoughts on “Amerika Akan Gunakan Dolar Digital?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *